Minggu, 13 April 2014

SAHABAT DI DESAKU


udah lama tidak menulis lagi di blog ini, target menulis setiap hari satu postingan hanya lah target saja. Waktu yang tidak mendukung melakukan semua ini. Kesibukan yang di ada-adakan :D. Hari ini aku ingin menuliskan tentang sesuatu, apapun itu. 

Ingat di ingat, aku sering sekali menulis tentang karakter orang-orang terdekat yang ada disekitarku. selain hal itu mudah di ingat, itu juga hal-hal yang sangat melekat dengan keseharianku.

kali ini aku ingin berbagi cerita tentang sahabat-sahabat masa kecilku yang sampai sekarang menjadi inspirasi dan memberikan pengaruh yang positif bagiku dan lingkungan pergaulanku.

PENASARAN, INILAH MEREKA :D

"Atun, May, Nas, Mastura and Kak Wardah"




1). Hayatun Nufus

Atun
Gadis hitam manis ini namanya Hayatun Nufus, biasa dikenal dengan panggilan .Atun Dia adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Atun adalah mahasiswi salah satu universitas negeri di kota Langsa. 
Anaknya ramah dan mudah bergaul. Senang terhadap sesuatu yang baru. Dia adalah seseorang yang berani melakukan apapun yang dia inginkan. 
Atun adalah teman kecilku, usianya denganku hanya berbeda hitungan bulan denganku, aku lahir di bulan 11 akhir tahun 1986 , dia baru melihat dunia pada awal tahun 1987. 

Banyak peristiwa menarik yang pernah kulalui bersamanya. Bermain, bercanda, marahan, balas dendam :D , ngambek-ngambekan  dan lain sebagainya. yang pasti hal hal itu tidak membuat kami marahan dalam jangka waktu yang lama.

hal masih sangat membekas di ingatanku sampai sekarang adalah ketika kami saling menyimpan dendam untuk dilampiaskan yang menbuat orang tua kami mendaratkan cubitan dan repetannya kepada kami. 

Pernah dulu ketika bermain dirumah nek puteh (nenek atun). Rumahnya masih rumah Aceh panggung dan memiliki ketinggian diatas rata-rata. Aku duduk2 diatas salah satu jendela rumah yang paling tinggi untuk melihat-lihat ke bawah siapa yang ada disana. tiba-tiba tanpa diduga atun datang mengejutkan aku, mungkin maksudnya menbuat kejutan. Tetapi sialnya, tubuhku malah melayang jatuh ke bawah, alamak jang! jangan tanya gimana sakitnya. Yang luar biasanya aku tidak menangis dan tubuhku tidak cedera sedikitpun hanya memar biru sedikit di tanganku. Wallahualam, entah kenapa begitu, mungkin efek sering manjat2 pohon disekeliling rumah dan sering jatuh kebawah jadi tubuhku sudah punya penangkal senditi heheheh. .

Hasilnya, Atun dimarahi habis-habisan sama ibunya. apakah sampai disitu? oh tidak, kami tetap berteman seperti biasa tanpa teringat lagi masalah itu. Sampai suatu hari, ketika kami bermain di sungai untuk belajar berenang. Ketika mamak-mamak kami sibuk membilas pakaian. Atun yang takut terjun ke sungai karena belum pandai berenang hanya duduk di atas rakit tanpa berani turun ke air seperti kami. Karena tidak sabaran menunggunya bisa aku naik ke atas rakit dan menolaknya ke dalam air padahal aku sendiri masih belum bisa berenang. Gaya aja sok-sok berani hehehhe.
apa yang terjadi, dia hampir tenggelam kalau tidak ditolong oleh mamak-mamak yang lagi nyuci baju. alhasil, kjadian itu membuat bundaku murka, 4 kali pukulan rotan mendarat dikakiku sore itu karena kenakalanku. ckckckkc. Tetapi tetap saja, keesokan harinya kami tetap bermain bersama tanpa dendam yang berkepanjangan hahahahha. Alangkah indahnya dunia ketika masa kanak-kanak :p.

Banyak hal yang kusuka dari sosok Atun ini, Ketika dia meyakini sesuatu dia akan melakukan apapun untuk mendapatkannya tanpa peduli orang lain mau bilang apa, "APA URUSAN LO, HIDUP HIDUP GUE!" itulah motto hidupnya :D

Contohnya saja :
  • Ketika kami SMP, teman-teman perempuan banyak yang memakai celana Jeans karena model tersebut lagi ngetrend di kalangan remaja saat itu. kami pun terkena imbasnya, ikut-ikutan tanpa tau bahwa hal itu tidak boleh. Aku juga menggunakannya tapi tidak berani terang-terangan. Jika menggunakan celana ketat atasannya pasti panjang, begitu juga sebaliknya. Tetapi tidak begitu dengan Atun, atasan maupun bawahan sama ketatnya sehingga menimbulkan perkataan dari ibu-ibu yang suka gosip :d, dia mah cuek bebek. tetap dengan gayanya. kami ja urut dada liatnya. hahahaha
  • Ketika aku pulang kampung beberapa tahun terakhir, ada hal yang menarik yang kudapatkan lagi pada dirinya. Sekarang dia dikenal bukan karena keseksian pakainya tetapi karena ketertutupan auratnya yang patut diacungin jempol. Dulu boleh modis tapi sekarang ustazah lo :D. yup, aku suka gayanya yang sekarang, gamis , jelbab lebar dan kaus kaki tak pernah lepas lagi dari tubuhnya. Subhanallah ada saja cara Allah membolak-balikkan hati seseorang.:D, aku iri dengan keputusannya yang selalu menabjubkan !

2) Mari Yati

May panggilannya, simple dan sederhana seperti karakternya. anaknya manis dan suka sekali tersenyum. apalagi kalau digoda mana bang kumisnya ? hehheeh

May


Dia adalah adik perempuan si Atun. Kami berteman dekat semenjak dia pindah ke desaku. dia dulu tinggal di desa yang jauh dengan desaku, desa Senebok Aceh. 

May dan Atun

Anaknya sangat tekun dan teliti. May emang tidak sepntar kakaknya tapi dia memiliki kesabaran yang luar biasa dalam mengerjakan dan memahami sesuatu. Contohnya saja, ketika kami pernah menjalani pelatihan kursus menjahit bersama-sama. Bukan sombong, dengan hanya sekali dengar aku sudah bisa membuat pola baju dan menjahitnya, tidak begitu dengan May dia terpaku lama dan memperhatikan apa yang pengkursus sampaikan. Hingga beberapa pertemuan baru dia mengerti pola dasarnya. 
Bagiku, mengikuti kursus menjahit hanyalah sebagai pengisi waktu kosongku apalagi gratis :D, karena pada saat yang bersamaan aku sedang mengikuti pelatihan Paskibra tingkat kabupaten, jadi perhatianku hanya terfokus disitu saja. Tidak begitu bagi dek may, apa yang dipelajarinya di tempat kursus dibawanya hingga kerumah, dipelajari dan diamati sama dia hingga dia betul-betul paham apa itu.

Hasilnya sekarang , dia sudah bisa menjahit beragam model baju yang di suruh oleh orang-orang kepadanya. Selain bisa menyalurkan hobby juga bisa mendapatkan penghasilan kan... luar biasa. salut aku sama ketekunannya dalam mempelajari sesuatu.

kegigihannya bukan hanya disitu, dalam belajar pun dia menunjukkan sifat pantang mundur terhadap walau uang tidak ada, walau makan dijatah. apapun akan dia lakukan untuk menutupi biaya kuliah asal halal akan tetap dijalani. Pernah bekerja pebagai pelayan diwarung makan, clening service di salah satu rumah sakit swasta pernah dijalaninya tanpa malu yang penting uang kuliah terkumpul. sekarang dia menikmati hasil jerih payahnya belajar ketika wisuda sudah dijalaninya.
May wisuda


 Luar biasa perjuanganmu teman menbuatku berkaca, ketika tekad sudah ada, usaha yang keras harus dikuatkan, bukan hanya ucap tapi juga langkah.

3) Nasrina 

Pernah dengar kisah Abu Nawas dari Negeri Seribu Satu Malam. Nah, neh mirip-mirip tingkah jahilnya bukan orangnya :D

Perkenalkan, namanya Nasrina dipanggil Nas, Rina, atau Karina. Asal dari gampong blang senebok. cita-cita nikah muda, punya anak banyak dan jadi orang kaya hahahah.
anaknya cantik dan menarik, banyak ulok dan suka buat orang tertawa. sekolah terakhirnya sih boleh SD tapi pengetahuannya melebihi sarjana S1 sekalipun. jangan main2 sama dia kalau kalian gak mau kena kejahilannya :D

Nas lagi bergaya
Aku mengenalnya sejak di tinggal di tempat kakek usman (Abang nenekku). anaknya cepat sekali menyatu dengan teman-teman disekelililngnya. 
kami pergi ngaji bersama-sama dan selalu berbagi cerita cinta berdua hahha. Banyak sekali pengalaman yang dia bagi tentang masalah lawan jenis padaku seolah-olah dia pernah mengalaminya padahal mah teori doang waktu itu heheheh. Prakteknya mah nol, entah sekarang?

Usilin cowok di hp adalah keisengannya selanjutnya. Dia bisa menirukan berbagai macam suara yang membuat klepek2 cowok dengarnya hahah, mau suara manja, nakal, garang bisa ditirukannya. Kalau cowok itu sudah suka ma dia, langsung ditinggalkannya hahahah. tobat neng-tobat :D!

Bersamanya hari-hari yang buram menjadi cerah , tangis menjadi tawa, ada aja kegilaan yang dibuatnya sehingga buat kami tertawa selalu. i miss u, nas !

4). Mastura


mastura

Gadis berkacamata ini adalah alumni Tarbiyah bahasa Arab di kota Langsa. Memiliki kulit yang cantik dan mulus tanpa kosmetik adalah kelebihannya yang sangat menbuat iri. Sifatnya yang tenang dan low profile dalam setiap kesempatan menbuat teman-temannya pengen selalu seperti dia.

kepintarannya dalam cas cis cus bahasa Arab jangan diragukan lagi, buat kami melongo kalau dia sudah berbicara hay hay....
yang buat aku palak adalah sampai sekarang janjinya mengajariku bahasa Arab belum dia tunaikan hikhikhik...:D

setelah menamatkan sekolah dasarnya gadis ini melanjutkan pendidikannya di sekolah asrama Nurul Ulum Peureulak sampai selesai sekolah menengahnya. Sekaranng aktifitasnya adalah mengabdi di almamaternya sebagai pembina dan guru bahasa arab disana.

Mastura, begitu nama panggilan akrabnya. anaknya ramah dan selalu tersenyum manis. aku sangat menyukai sifat santunya yang gak grasa grusu hehhehe. maklum saja, orang tuanya adalah salah satu ulama yang terkenal di daerah kami. jadi wajar sifatnya sangat santun dan salehah.

Bercerita dengannya dikala banyak masalah datang menghadang,akan terasa tenang walau hanya senyumannya yang dia berikan :D.
semanagtnya dalam belajar tak pernah menyerah sellau membuatku belajar banyak darinya. santun, salihah, cantik, apalagi yang kurang?
"Nikmat Tuhan mu yang manakah lagi yang kau dustakan?.

5) Wardah Umar

Wardah

Namanya adalah Wardah, Umar nama bapaknya :D. aku memanggilnya kak wardah. usianya satu tahun diatasku. Berteman dengannya sangatlah seru, banyak cerita yang dibaginya kepada kami adek-adek kecilnya heheheh.

yang paling aku suka darinya adalah ketika dia tersenyum sangat manis dan menanbah aura cantiknya. tetapi yang paling buat aku bete ketika kita ajak jalan, dia malah bilang, aduh panas beuh!...alamak!

Hidupnya slow tanpa riak. apapun masalahnya jalani saja katanya. wah so, simple girl ya kak!
tapi emang benar apa katanya, buat apa dibuat susah yang udah mudah ya kan.

Aku harus berterimakasih banyak padanya, berteman dengannya aku bisa mengenal banyak karakter-karakter orang yang lebih dewasa dariku sehingga hidup itu bukan hanya melulu didunia kecilku ..
i miss your smilling, sista!

*************

Memiliki mereka sebagai sahabat adalah sesuatu yang sangat berharga, dimana sedihku dan tawaku selalu bersama mereka. momen-momen indah masa kecilku takkan berwarna tanpa mereka. Ibarat kaca yang berdebu merekalah pembersihnya.

Rekam kenangan dengan mereka :

aku dan mereka


Ada ketika kenangan itu akan menghilang tanpa arah. tetapi bagiku hati yang terpaut cinta sahabat-sahabatku tak akan pernah menghilang selamanya.
I Love You because Allah, my friend!

********






0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com